New Toyota Yaris Kendaraan yang Lolos Uji Keselamatan

New Toyota Yaris berhasil mengukir prestasi sebagai kendaraan yang lolos uji keselamatan

VIVAnews– Mobil buatan Jepang, New Toyota Yaris sukses mengikuti jejak New Ford Ranger yang mendapatkan rating bintang lima dalam uji tabrak Euro NCAP 2011. Nilai tersebut merupakan nilai puncak Euro NCAP (European New Car Assessment Programme).

Mobil jenis hatchback ini berhasil mengukir prestasi sebagai kendaraan yang lolos uji keselamatan. Prestasi ini mengikuti peraihan prestasi generasi pertama Toyota Yaris yang diluncurkan 2000.

Seperti dilansir autoevolution, Kamis 27 Oktober 2011, dalam uji coba tes itu, terlihat adanya perlindungan yang cukup aman untuk pengemudi di Toyota Yaris.

Bahkan, saat mengalami tabrakan yang cukup kencang, airbag kiri dan kanan keluar bekerja secara sempurna, dan menyelamatkan tubuh pengemudi serta penumpang bagian depan.

Menurut Euro NCAP, saat terjadi benturan yang frontal, baik pengemudi dan penumpang depan serta belakang tetap akan berada di posisi duduknya masing-masing. Itu disebabkan adanya sabuk pengaman dan airbag di masing-masing posisi.

Selain itu, kursi depan akan secara otomatis ke belakang jika terjadi benturan yang cukup kencang. Namun, kelemahan masih dimiliki Yaris, terutama saat tabrakan terjadi dari arah samping, dimana penumpang belakang akan mengalami kerusakan pada bagian tulang rusuk.

Sedangkan pada bagian bumper, perlindungan bagi pejalan kaki bisa dibilang cukup bagus. Meski ujung depan kap mesin terbuat dari bahan yang cukup keras dan berpotensi melukai pejalan kaki.

Secara keseluruhan, Yaris mencetak nilai 89 persen. Skor tersebut bukan menjadi nilai utama yang diberikan Euro NCAP. Maksimum nilai yang diberikan yakni untuk perlindungan pengemudi, yakni 95 persen.

Di Eropa, Yaris 2012 dilengkapi 7 airbag. Toyota mecangkokkan sejumlah keselamatan aktif, pula, berupa ABS, Electronic Brakeforce Distribution, Corner Stability Control, Brake Assist, Traction Control dan Vehicle Stability Control.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s